Panduan Penghayatan Paskah Seri I - Rabu Abu dan Berpuasa



Rabu Abu
Pada hari Rabu tanggal 6 Maret kita akan bersama sama memasuki Siklus Paskah dimulai dengan masa Prapaskah berlangsung selama 40 hari (6 Minggu Prapaskah) yang merupakan masa mempersiapkan diri untuk menyambut kemenangan menghayati secara utuh kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus. Masa Prapaskah diawali dengan ibadah Rabu Abu yaitu hari pertama masa Prapaskah yang erupakan masa pertobatan, perkabungan, instropeklsi diri dengan mendekatkan diri pada Tuhan dalam doa, puasa, dan memberi.

Dalam ibadah ini umat menyadari diri bahwa manusia berasal dari debu dan akan kembali kepada debu (Kej 3:19). Maka pada ibadah Rabu Abu, akan ditorehkan abu pada dahi untuk menyadarkan betapa fananya diri, maut pasti menjemput manusia kembali menjadi debu. Umat diajak menyadari betapa hinadan berdosa manusia dihadapan Alllah dengan kesadaran itu maka umat diajak untuk bertobat. Sebab hanya dengan bertobatlah maut tidak lagi berkuasa sehingga manusia yang hanya debu itu hidupnya diperbarui menjadi bermakna dalam Allah.

Kenapa 40 hari berpuasa,
40 hari merupakan symbol iman yang penting. Dalam tradisi Yahudi  Paskah memperingati  keluarnya bangsa Israel dari perbudakan Mesir setelah mereka terhindar dari maut karena korban anak domba yang darahnya diusapkan pada pintu rumahnya. Masa Paskah dimulai dengan 40 hari masa puasa yang melambangkan 40 tahun perjalanan bangsa Israel memasuki tanah perjanjian.
Perayaan paskah Kristen meniru pola Paskah Yahudi. Yesus Kristus adalan anak domba Allah yang dikorbankan untuk keselamatan dunia. 40 hari Yesus juga berpuasa dipadang gurun melalui ujian dan persiapan sebelum memulai karyaNya.
40 hari = 6 Minggu Prapaskah?.
Perhitungan 40 hari tidak termasuk hari Minggu, karena hari Minggu adalah hari Tuhan, setiap hari Minggu adalah perayaan kebangkitan Tuhan, sehingga tidak berpuasa. Jadi masa prapaskah selama 6 pekan berjumlah 6 x6 = 36 hari ditambah empat hari sebelum minggu prapaskah 1 yaitu jatuh pada hari rabu yang kita peringati dalam ibadah Rabu Abu.